BEAST

BEAST

17 Nov 2013

WATER BYUR

Saya akan menulis hasil investigasi saya terhadap Kolam Renang umum yang berada di sebelah sumber mata air di Desa Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Saya berkunjung ke sana saat lebaran kemarin pada tahun 2013, saya memerhatikan wilayah itu dan melihat adanya perubahan pada daerah sumber mata air tersebut yang sejak dulu hingga sekarang masih digunakan warga setempat untuk mandi, mencuci, dan juga mengalirkan air tersebut kerumah-rumah warga, saya melihat ada sebuah Kolam Renang yang sudah didirikan sebegitu indah menyerupai kolam renang ada di Ibu Kota yang memiliki segala mainan didalam kolam serta perosotan. Kolam renang itu bernama “Water Byur”, saya bertanya kepada salah satu warga disana apa arti kata tersebut, dia menjawab “karena disini semua adalah orang jawa jadi dari kata Water Boom menjadi kata Water Byur” yang memiliki arti dan maksud yang sama bila kita terjemahkan ke bahasa Indonesia.
Sebelum menjadi Water Byur

Water Byur

Terakhir kali saya kesana sudah lama sekali, mungkin sekitar tahun 2004 silam. Pada tahun itu belum ada yang namanya Water Byur di daerah itu, bahkan saya pun dulu hanya bisa berenang menggunakan ban bersama ikan-ikan yang ada dikolam itu, tetapi sekarang kolam itu sudah diubah menjadi kolam renang yang modern dan juga bersih. Banyak pengunjung dari luar daerah tersebut datang untuk mengunjungi Water Byur tersebut.

Menurut informasi dari salah satu warga setempat, kola mini baru didirikan tahun lalu (2012) dan sudah berjalan satu tahun hingg saat ini. Water Byur sendiri sangat ramai dikunjungi pengunjung walau baru berjalan setahun. Saya rasa banyak pengunjung yang datang jauh dari Ponjong karena saya melihat banyak sekali mobil-mobil yang terparkir dipinggir jalan yang disebabkan belum adanya tempat parker yang tersedia pada tempat tersebut.

Menurut saya, perubahan yang terjadi pada kolam biasa menjadi sebuah kolam renang modern yang dapat menarik wisatawan lain untuk berkunjung itu sangat bagus dan dapat menambah nilai daerah tersebut agar banyak orang mengetahui tentang wilayah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar