BEAST

BEAST

29 Nov 2013

Side effect about gadget

Zaman semakin canggih dan globalisasi yang semakin menjadi-jadi membuat warga di Indonesia ini lebih mudah memiliki perangkat elektronik dari negara luar. Segala macam elektronik sangat mudah didapatkan di negeri ini saat ini, apalagi alat elektronik canggih yang semua orang miliki saat ini yaitu "gadget". Gadget itu alat elektronik berupa, tablet, telepon genggam, DS, PS portable, dll. Barang-barang ini sekarang bukan hanya dapat kita lihat pada remaja atau orang dewasa namun juga anak-anak yang masih balita alias bayi dibawah umur lima tahun. Semakin modernnya zaman maka semakin bertambah pula keinginan dan kemudahan yang didapatkan.

Saya sering sekali melihat anak-anak dibawah umur sudah memiliki gadget pribadi, dan bahkan saya sering pula menemukan orang tua dan anaknya sibuk dengan gadget masing-masing.
Menurut saya effect samping yang dapat ditimbulkan pada maraknya pemakaian gadget ini adalah pada anak-anak yang masih dibawah umur atau balita dan juga remaja. Menurut saya side effect yang saya rasakan adalah remaja menjadi sibuk dengan dunianya sendiri, tidak bergaul dengan orang lain, tidak peduli terhadap sekitar, dan juga yang lebih penting adalah mereka tidak bersikap dengan sopan karena memiliki gadget. Saya sering sekali mengalami kejadian yang merasa bahwa mereka ini kurang menghormati saya. Seperti contohnya ketika saya disocial media bersosialisasi dengan orang-orang yang tidak saya kenal dan banyak menemukan bahwa mereka masih remaja dan rata-rata berumur 13-15 tahun, dan mereka berinteraksi dengan saya dengan manner yang buruk dan tidak menunjukkan adanya rasa hormat. Pertaman dengan penggunaan bahasanya, dan juga sikap mereka terhadap suatu hal yang menurut saya mereka belum mengerti akan hal tersebut tapi mereka berbicara seakan mereka mengerti.
Side effect terhadap manner/behavior ini yang sangat saya sayangkan. Meskipun saya tau gadget memiliki effect baik dan buruk, namun jika sudah menyangkut perilaku, itu yang sangat saya sayangkan dan prihatin.


Behave itu adalah hal penting bagi beberapa orang termasuk saya. Maka lebih baik penggunaan gadget dibarikan pada saat umur mereka sudah dapat membedakan mana yang baik dan buruk dan bagaimana cara bersikap terhadap orang lain, terutama bersikap terhadap orang yang tidak dikenal.
Itu saja yang dapat saya ungkapkan tentang side effect about gadget ini. Semoga makin banyak remaja Indonesia yang menyadari akan hal ini dan berupaya untuk tetap bersikap yang sewajarnya terhadap orang lain dan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar