BEAST

BEAST

16 Nov 2013

Curug Cilember, tempat wisata alami yang menyatu dengan alam


Pada liburan yang lalu saya pergi ke Curug Cilember berlokasi di daerah Bogor. Tepatnya berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, 20 Km dari Bogor. Curug Cilember adalah tempat rekreasi yang belum banyak di ketahui dan tempat ini masih sangat alami dan juga sangat menyatu dengan alam. Dengan harga tiet yang relatif murah Rp 5000,- kita dapat menjumpai 7 air terjun dengan berjalan kaki menaiki gunung. Disana juga terdapat rumah kupu-kupu yang terdapat lebih dari 12 spesies kupu-kupu yang bisa dijumpai. Juga terdapat rumah kayu untuk beristirahat dekat dengan air terjun ke-7 (air tejun yang berada dipaling bawah). Disini terdapat pula Laboratorium penangkaran kupu-kupu yang akan melengkapi pengetahuan Anda tentang satwa kupu-kupu dari berbagai jenis. Selain itu, disini juga menyediakan Camping Ground, bagi pengunjung yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek utama Curug Cilember (air tejun paling atas yaitu curug ke-1).

Saya berjalan menuju curug 7, 6, dan 5 yang jaraknya lumayan cukup jauh dengan curug lainnya. Saya hanya mendaki hingga curug ke-5 yang hampir memakan waktu satu jam lebih. Saya tidak meneruskan perjalan saya hingga curug berikutnya yang jaraknya lebih jauh dari pada ketiga curug yang saya daki. Air pada curug ke-7 memiliki pancuran yang lebih sedikit dibanding pada curug 5 dan 6. Cukup dengan menikmati suasana air terjun/curug dapat membuat anda merasa tenang dan relax, dan airnya yang juga sangat jernih. Jalan yang ditempuh hanya bisa dengan berjalan kaki karena hanya memiliki gundukan-gundukan tangga pada setiap jalan.
foto curug ke tujuh

Salah satu obyek yang menarik disini adalah terdapatnya tujuh curug berurutan dengan airnya yang jernih, segar mengalir sampai ke sungai Cilember, Cisarua. Semuanya dapat dinikmati dengan berjalan mendaki di sela-sela pohon Pinus. Untuk sampai ke Curug yang ke tujuh waktu yang ditempuh lebih kurang 3 jam berjalan kaki hingga sampai pada curug yang pertama yang berada paling atas. Setiap tingkat air terjun memiliki air yang lebih deras dari tingkat sebelumnya.

Mungkin lain waktu saya akan berkunjung lagi kesini untuk merasakan curug ke tujuh yang airnya pasti lebih jernih dan suasana yang lebih menyatu dengan alam.
Curug Cilember merupakan salah satu hasil alam yang masih sangat alami dan patut dipelihara serta diexplore dan expose supaya masyarakat mengetahui lebih jauh tentang tempat wisata yang masih alami ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar